Selasa, 19 April 2016

Makanan Kesukaan Saya.
            Karena kebetulan makan ini berada atau berasal dari daerah saya Sumatra Barat, maka saya menyukai makanan ini dan bukan karna berasal dari daerah saya juga saya menyukainya namun makan yang satu ini sangat special bagi saya karna rasa nya yang gurih dengan campuran sambal yang sedap menambah cita rasa yang sangat menggoda untuk kita mencicipinya, apalagi sambal nya agak pedas wwaahhh mungkin sangat sempurna rasanya.
            Dendeng ini terbagi menjadi dua juga yang pertama adalah dendeng kering yang rasanya gurih dan satu lagi ada juga dendeng basah atau dedeng lembab,  dendeng yang lembab inilah yang lebih saya sukai dari pada dendeng kering, karna saya sangat menikmati cita rasa nya itu yang sangat enak.

Description: Dendeng balado.JPG
Dendeng adalah daging yang dipotong tipis menjadi serpihan yang lemaknya dipangkas, dibumbui dengan saus asam, asin atau manis dengan dikeringkan dengan api kecil atau diasinkan dan dijemur. Hasilnya adalah daging yang asin dan setengah manis dan tidak perlu disimpan di lemari es. Dendeng adalah contoh makanan yang diawetkan.
Pembuatan
Resep dendeng biasanya menggunakan satu jenis daging saja, yaitu daging sapi. Namun dendeng dapat dibuat dari daging lainnya seperti kambing atau babi. Bisa juga dendeng dibuat dari hasil buruan seperti venison, elk, caribou, dan rusa. Saat ini, terdapat juga dendeng dari kalkun, burung onta, salem, buaya, dan tuna. Daging harus dikeringkan dengan cepat, untuk memperlambat pertumbuhan bakteri saat itu juga. Untuk melakukannya, daging dipotong tipis, atau ditekan sampai tipis.

Tokoh Wayang yang Saya Idolakan.
            Arjuna adalah salah satu tokoh wayang yang saya idolakan karna sifat nya yang cerdik pandai walaupun dia pendiam tapi dia sangat sopan dan melindungi yang lemah demi kebaikan.Arjuna ini memiliki istri yang bnyak sampai sampai lebih banyak istri nya dari pada anak nya, dan pakaian yang dipakai Arjuna melambangkan kebesaran.

Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiCisrm0BT0c3dz42KDuxdOmE7cP0_Wjn9F_wu0EsOV8KmQgG-5NOgCQMlphkMckXXy2lMtkju2ozoHHPO81F_ndMyMKTdt9JJ7C5sAXSs1NmafnG6dscftOEu2B7fxJT9bSdPZ4aqLJJqm/s200/ARJUNA.png

Arjuna adalah putra Prabu Pandu Dewanata, raja negara Astinapura dengan Dewi Kunti/Dewi Prita --- putri Prabu Basukunti, raja negara Mandura.
Ia merupakan anak ke-tiga dari lima bersaudara satu ayah, yang dikenal dengan nama Pandawa. Dua saudara satu ibu adalah Puntadewa dan Bima/Werkudara. Sedangkan dua saudara lain ibu, putra Pandu dengan Dewi Madrim adalah Nakula dan Sadewa.

Arjuna seorang satria yang gemar berkelana, bertapa dan berguru menuntut ilmu. Selain menjadi murid Resi Drona di Padepokan Sukalima, ia juga menjadi murid Resi Padmanaba dari Pertapaan Untarayana. Arjuna pernah menjadi Pandita di Goa Mintaraga, bergelar Bagawan Ciptaning. Ia dijadikan jago kadewatan membinasakan Prabu Niwatakawaca, raja raksasa dari negara Manimantaka.

Atas jasanya itu, Arjuna dinobatkan sebagai raja di Kahyangan Kaindran bergelar Prabu Karitin. dan mendapat anugrah pusaka-pusaka sakti dari para dewa, antara lain ; Gendewa (dari Bathara Indra), Panah Ardadadali (dari Bathara Kuwera), Panah Cundamanik (dari Bathara Narada).

Tokoh Pahlawan Nasional yang Saya Idolakan
            Tan Malaka adalah salah satu tokoh pendiri partai Murba, berasal dari Sarekat Islam (SI) Jakarta dan Semarang. Ia dibesarkan dalam suasana semangatnya gerakan modernis Islam Kaoem Moeda di Sumatera Barat.dan dia juga banyak mengumpul kan pemuda pemuda komunis.

Description: https://scontent-sit4-1.xx.fbcdn.net/hphotos-xaf1/v/t1.0-9/378689_10150455614507136_552946909_n.jpg?oh=5fd608599f5ec0a397b409b59ccd6e0c&oe=57B51166
Pejuang antikolonialisme

Sutan Ibrahim Gelar Datuk Tan Malaka lahir di Pandan Gadang, Suliki, Sumatera Barat, tahun 1896. Ia menempuh pendidikan Kweekschool di Bukittinggi sebelum melanjutkan pendidikan ke Belanda. Pulang ke Indonesia tahun 1919 ia bekerja di perkebunan Tanjung Morawa, Deli.

Penindasan terhadap buruh menyebabkan ia berhenti dan pindah ke Jawa tahun 1921. Ia mendirikan sekolah di Semarang dan kemudian di Bandung. Aktivitasnya menyebabkan ia diasingkan ke negeri Belanda. Ia malah pergi ke Moskwa dan bergerak sebagai agen komunis internasional (Komintern) untuk wilayah Asia Timur. Namun, ia berselisih paham karena tidak setuju dengan sikap Komintern yang menentang pan-Islamisme.

Ia berjuang menentang kolonialisme "tanpa henti selama 30 tahun" dari Pandan Gadang (Suliki), Bukittinggi, Batavia, Semarang, Yogya, Bandung, Kediri, Surabaya, sampai Amsterdam, Berlin, Moskwa, Amoy, Shanghai, Kanton, Manila, Saigon, Bangkok, Hongkong, Singapura, Rangon, dan Penang. Ia sesungguhnya pejuang Asia sekaliber Jose Rizal (Filipina) dan Ho Chi Minh ( Vietnam).

Perjalanan yang paling mengesankan
Mendaki gunung merbabu magelang

Description: E:\gunung merbabu\1455855481766.jpg

Ini adalah catatan perjalanan saya selama mendaki kegunung merbabu,jawa tengah via suwanting
Tim saya yang berjumlah 4 orang,3 orang kumpul di pasar citeureup 1 orang sudah menunggu di stasiun pasar senen.
Day 1(26 februari 2016)
09.30-11.30
Tiba di stasiun pasar senen saya dan teman saya melakukan pengecekan terhadap barang bawaan dan menunggu kedatangan kereta bengawan jurusan pasar-lempuyangan.

11.30-20.00
Saya dan teman saya pun sudah akhirnya sampai di stasiun lempuyangan.setelah sampai di stasiun lempuyangan yogya saya dan teman saya pun langsung mencari carteran taksi menuju basecamp merbabu via suwanting.
20.00-23.30
Saya dan teman saya pun tiba dibascamp merbabu via suwanting.
Sesampainya dibascamp saya dan teman saya pun langsung memesanan makanan
Setelah makan saya dan teman saya beristrahat di rumah warga basecamp merbabu via suwanting
Day 2 (27 februari 2016)

Description: E:\gunung merbabu\1456111896574.jpg
07.00-08.00
Saya dan teman saya memesan makanan sesudah itu langsung segera mengurus perizinan pendakian .izin untuk mendaki gunung merbabu tidak begitu rumit.meskipun termasuk dalam wilayah taman nasional namun perizinan pendakian tidak memerlukan penyerahan identitas peserta namun wajib mengisi formulir pendakian dan membayar sebagai retribusi pendakian.
08.00-09.30
Saya dan teman saya memulai pendakian menuju pos 1 terdapat peristirahatan pos 1 merupakan sebuah dataran dengan sebuah balai sebagai tempat peristirahatan.
09.30-12.00
Selepas pos 1 kami pun melanjutkan perjalanann,perjalanan masih melalui lading penduduk.kemudian masuk hutan pinus.waktu tempuh sekitar 2 Jam atau paling lama jalan santai sesantainya 4 jam
12.00-14.30
Saya dan teman saya pun tiba di pos II istrahat sebentar langsung melanjutkan perjalan ke pos di pos  III ini tidak ada jalan rata jalannya terus nanjak kaga ada bonus hehehehe.

Description: E:\gunung merbabu\1456111954457.jpg

14.30-16.30
Saya dan teman saya pun tiba di pos III.Mencari tempat yang rata akhirnya kami pun mendirikan tenda,di pos III kami pun akhirnya bermalam,serta membongkar makanan yang ada di dalam tas dan kami pun langsung memasak nasi dan lauknya.
Setelah itu kami pun beristirahat untuk memulihkan tenaga untuk melakukan pendakian ke esok harinya.pos ini merupakan tempat yang datar dan terbuka,tempat ini mampu memuat 25 tenda,pada area ini terdapat sumber air yang disalurkan melalui pipa pipa besar.

Description: E:\gunung merbabu\1456111992258.jpg

Day 3 (28 februari 2016)
04.30-05.30
Pagi yang cerah akhirnya kami sarapan lalu bersiap siap melakukan pendakian ke puncak gunung merbabu.kami hanya membawa perbekalan secukupnya.sisa barang kami tinggalkan di pos III
05.30-07.30
Saya dan teman saya pun mulai pendakian,perjalanan menuju puncak trianggulasi .kondisi  jalur mulai menanjak tapi lelah kami pun terbayarkan dengan pemandangan awan yg seperti samudra yang sangat menawan.

Description: E:\gunung merbabu\1456112101771.jpg

07.30-11.00
Saya dan teman saya pun tiba di puncak trianggulasi.saya dan teman saya bersujud syukur tiba di puncak gunung merbabu dengan ketinggian 3.142 mdpl.disini pendaki akan melihat pemandangan berupa di sebelah barat gunung sumbing dan sindoro.disebelah timur gunung unggaran dan gunung lawu
Description: E:\gunung merbabu\1456112401958.jpg

Sedangkan disebelah selatan dan yang paling terdekat adalah gunung merapi yang berdiri gagah dan misterius.dan kami pun melakukan dokumentasi puncak.

Description: E:\gunung merbabu\1456112410056.jpg
Description: E:\gunung merbabu\1456111836096.jpg

Begitulah perjalan saya dan teman teman saya selama mendaki gunung merbabu
Mendaki gunung itu cape,lelah,lesuh taalian jangan takut sesudah kalian cape,lelah atau lesuh
Cape kalian akan terbayar dengan pemandangan samudra awan.